Muba Sumsel kembangkan pembangunan kampung KB

id kb, kampung kb, bkkbn , zulfakar, keluarga berencana

Muba Sumsel kembangkan pembangunan kampung KB

Dokumentasi - Mobil layanan KB (ANTARA FOTO)

 Musi Banyuasin  (ANTARA Sumsel) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Musi Banyuasin, Sumatera Selatan berupaya mengembangkan "Kampung Keluarga Berencana".

"Saat ini baru ada satu Kampung Keluarga Berencana (Kampung KB) di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Tungkal Jaya, Kampung KB itu akan dikembangkan di desa lainnya dalam wilayah 14 kecamatan," kata Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Musi Banyuasin Zulfakar, di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, pengembangan Kampung KB sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo agar manfaat Program KB dapat lebih dirasakan secara langsung oleh masyarakat, terutama yang berada di wilayah miskin, padat penduduk, tertinggal, terpencil, dan wilayah nelayan.

Untuk melakukan pengembangan itu, pihaknya berupaya bersinergi dengan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) lainnya sehingga bisa lebih cepat karena jika mengandalkan BKKBN sendiri membutuhkan waktu lama karena terbatasnya angggaran.

Dengan bersinergi, berkolaborasi dan saling mendukung satu sama lain jumlah  Kampung KB diharapkan dalam waktu depan bisa dilipat gandakan atau berkembang sesuai dengan target yang diharapkan.

Sinergi antar OPD di kabupaten ini, tidak hanya dalam melakukan pengembangan jumlah Kampung KB tetapi juga dalam mengisi berbagai kegiatan yang dapat memotivasi masyarakat mengikuti program pengendalian laju pertumbuhan penduduk, kata Zulfakar.

Sementara Asisten I Setda Musi Banyuaisn Rusli SP menambahkan, pihaknya optimistis bisa melakukan pengembangan Kampung KB sesuai dengan target yang diharapkan meskipun jumlah desa yang ada di Bumi Serasan Sekate ini mencapai 218 desa.

Untuk mengembangan program tersbeut, dilakuan secara bertahap dengan penentuan lokasi di desa yang populasinya dianggap sudah padat sehingga pembangunan berwawasan kependudukan dapat dilaksanakan bersama warga setempat, ujar Rusli.