Indonesia harus meningkatkan kualitas SDM

id bj habibi, Golkar, Dewan Pakar, Revitalisasi, Ideologi, Pancasila, kemajuan, bangsa, sumber daya manusia

Indonesia harus meningkatkan kualitas SDM

Presiden RI ke-3 BJ Habibie (ANTARA/Akbar Nugroho Gumay)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Ketua Dewan Pakar Partai Golkar BJ Habibie mengemukakan, Indonesia harus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya menjadi SDM yang unggul agar mampu memenangkan persaingan global.

"Partai Golkar harus mendorong impelementasi revitalisasi Pancasila dengan menjadikan SDM unggul," kata BJ Habibie saat menjadi pembicara utama pada seminar nasional "Revitalisasi Ideologi Pancasila Sebagai Landasan Perjuangan Partai Golkar" yang diselenggarakan Fraksi Partai Golkar MPR RI di Jakarta, Kamis.

Menurut Habibie, Bangsa Indonesia jika ingin maju harus menguatkan SDM dan bukan sumber daya alam (SDA) karena jika mengandalkan SDA hanya dipermainkan dunia internasional.

Partai Golkar yang didirikan untuk mengukuhkan Pancasila dan persatuan Indonesia, kata dia, harus mengambil peran tersebut, yakni menjaga Pancasila sebagai ideologi negara dan persatuan Indonesia.

"Revitalisasi ideologi Pancasila bukan mengubah dasar pemikiran, tapi bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai luhur Pancasila dengan menciptakan SDM unggul, yang dapat mengambil peran strategis di tengah masyarakat," katanya.

Presiden ketiga Republik Indonesia ini menambahkan, SDM unggul merupakan dapat mendorong percepatan pembangunan dan merata, baik kesejahteraan, kualitas pendidikan, maupun kualitas SDM.

Habibie menegaskan, pembangunan berkualitas bukan berorientasi pada tingginya pencapaian produk domestik bruto (PDB), tapi pada pemerataan hasil pembangunan yang tercermin dari kualitas SDM.

"Jangan sampai Bangsa Indonesia hanya jadi pembantu pada pembangunan di negaranya," katanya.

Partai Golkar, kata dia, harus dapat menjadikan Bangsa Indonesia memiliki SDM terbarukan, yakni generasi yang unggul.

"Partai Golkar harus mampu melahirkan kader yang lebih baik.

Pemimpin Partai Golkar jika tidak mampu menciptakan generasi unggul berarti pemimpin itu gagal," katanya.

Habibie juga mengingatkan pimpinan Partai Golkar agar memikirkan pemerataan kesejahteraan masyarakat di Indonesia, dimulai dari mewujudkan keluarga sejahtera.

Generasi muda, kata dia, perlu dididik dengan pembudayaan nilai-nilai Pancasila yang impelentasinya adalah perilaku santun dan takwa.

"SDM yang unggul akan menjadi andalan dalam pembangunan Indonesia menjadi negara maju dan modern," katanya.