Chandra/Yaya gagal di final turnamen Asia Pasifik

id voli pantai, pertandingan, timnas indonesia, Ade Chandra, Muhammad Ashfiyah, Asia Pasifik, Jakabaring Sport City

Chandra/Yaya gagal di final turnamen Asia Pasifik

Ade Chandra/Muhammad Asyifah saat akan mengembalikan bola ke lawannya. (FOTO ANTARA Sumsel/Feny Selly/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Tim unggulan voli pantai Indonesia Ade Chandra/Muhammad Ashfiyah gagal mewujudkan target meraih medali emas pada turnamen Asia Pasifik di Palembang, 18-22 Oktober 2017 setelah takluk pada partai puncak, Minggu.

Pasangan Chandra/Yaya harus menyerah dari wakil Qatar yakni Cherif Yusuf/Ahmed Tijai dengan skor 2-0 (21-17, 21-16) di Arena Voli Pantai Jakabaring Sport City.

Atas hasil ini, Indonesia selaku tuan rumah hanya menggondol satu medali perak dari tiga tim putra dan tiga tim putri yang diturunkan pada turnamen tes event Asian Games 2018 ini.

Pada laga tersebut, pasangan Indonesia sempat unggul pada awal set pertama tapi mulai kehilangan tempo permainan pada petengahan babak.

Sementara itu, pasangan Qatar mulai menemukan irama permainan sehingga tampil lebih enjoy bahkan menyuguhkan beberapa variasi serangan.

Pada set kedua, Chandra/Yaya yang diharapkan bangkit justru kerap miss komunikasi di lapangan sehingga lawan dengan mudah melakukan finishing touch.

Permainan ini sungguh jauh berbeda di saat keduanya mengalahkan Tim Jepang yang diperkuat Takumi Takahashi/Katsuhiro Shiratori dengan skor 2-0 pada babak empat besar.

"Level mereka memang di atas kami. Kami di awal cukup baik, tapi di

pertengahan kehilangan tempo. Saya akui, memang masih kurang tenang. Mungkin jika mendapatkan kesempatan uji coba dengan level lebih di atas akan lebih baik," kata dia.

Pelatih Timnas Koko Prasetyo membenarkan bahwa kurangnya jam terbang pertandingan di Eropa membuat Chandra/Yaya masih bermasalah di level empat besar Asia.

"Jika saya membandingkan ketika saya turun di tahun 2002, tentunya saat ini berbeda. Saya ketika itu tur keliling Eropa selama empat bulan sehingga ketika turun di Asian Games merasa sudah berada di atas level, dan bisa dapat perak," kata dia.

Meski dalam keterbatasan kesempatan uji coba, Koko optimistis pada Asian Games di Agustus 2018 nanti dapat menggondol medali.

"Realistisnya dapat perak, tapi PB PBVSI menargetkan emas. Ya jika mau emas, kirim kami ke Eropa," ujar peraih tiga emas SEA Games ini.

Seusai tes event Turnamen Asia Pasifik di Palembang ini, Tim Nasional Voli Pantai akan melanjutkan pemusatan latihan di Solo, Jawa Tengah. Merekaberharap melakoni uji coba tour dunia yakni ke Iran, Qatar, China dan Australia mulai Februari 2018.