Antisipasi pemadaman PLN bersihkan ranting tanaman

id pln, jaringan listrik, kabel, tanaman, tumbuhan, dahan, ranting

Antisipasi pemadaman PLN bersihkan ranting tanaman

Dokumentasi - Petugas tengah melakukan penggantian jaringan kabel listrik (FOTO ANTARA Sumsel/13/Feny Selly)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - PLN Rayon Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan menggiatkan pembersihan tanam tumbuh di sekitar jaringan kabel secara rutin setiap sepekan guna mengatasi masalah pemadaman listrik akibat tanaman tersebut.

"Pembersihan tanam tumbuh di sekitar jaringan kabel jaringan listrik yang kami lakukan setiap hari Sabtu merupakan salah satu upaya mencegah terjadinya pemadaman," kata Manager PLN Rayon Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Junaidi melalui Koordinator Yantek, Andi di Baturaja, Senin.

Ia mengatakan, secara rutin setiap Sabtu pihaknya membersihkan tanaman dan ranting pohon di sekitar jaringan agar jangan sampai membebani kabel listrik hingga menyebabkan terjadinya pemadaman.

"Upaya pembersihan tanam tumbuh merupakan solusi awal supaya pemadaman listrik di OKU tidak terjadi lagi," katanya.

Selain itu, kata dia, belum lama ini pihaknya juga menambah jaringan distribusi listrik berupa penambahan kabel ekspres ke Kabupaten OKU Selatan yang dipasang di Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat.

Menurut dia, pemasangan kabel tersebut merupakan penambahan jalur distribusi baru untuk Kabupaten OKU Selatan, karena selama ini suplai listrik ke wilayah itu hanya  menggunakan dua jalur Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) sehingga sering terjadi pemadaman.

"Dengan jalur tiga ini mudah-mudahan dapat mengatasi masalah pemadaman yang sering terjadi di OKU Selatan," jelasnya.

Ia mengemukakan, meskipun selama ini suplai listrik wilayah OKU Selatan sudah menggunakan dua jalur, namun pemadaman listrik ke pelanggan masih saja sering terjadi hingga menuai protes masyarakat di wilayah itu.

Padahal kata dia, kapasitas listrik yang disiapkan PLTU untuk disuplay ke Kabupaten OKU dan OKU Selatan berkapasitas 2x10 mega watt, namun masih sering terjadi pemadaman.

"Puncaknya beberapa waktu lalu masyarakat OKU Selatan menggelar demo ke PLN Muaradua. Untuk itu kami masih mencari penyebab pasti pemadaman. Namun, yang jelas faktor tanam tumbuh menjadi penyebabnya sehingga dinilai perlu menggiatkan pembersihan," ujarnya.