Pertamina uji pasar gas DME

id pertamina, gas, Dimethyl Ether, memasak, pengganti, lpg, Herutama Trikoranto

Pertamina uji pasar gas DME

Petugas memeriksa pipa penyaluran gas . (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/dol/17) ()

Jakarta (ANTARA Sumsel)  -  PT Pertamina (Persero)  melalukan uji pasar gas DME (Dimethyl Ether)  sebagai alternatif  pengganti atau pelengkap pemenuhan kebutuhan dari gas LPG.

"Sudah lama kami uji,  saat ini sudah pada tahap uji pasar di beberapa daerah, " kata SVP Research dan Pusat Penelitian PT Pertamina Herutama Trikoranto di Kantor Habibie Center,  Jakarta, Senin.

Menurutnya DME bisa menjadi pengganti  dari LPG serta selama ini juga digunakan apabila pemenuhan LPG kurang mendekati target.

Pertamina melakukan uji pasar energi alternatif tersebut di wilayah Semper, Jakarta Utara, berdasar keterangan  resmi dari Pertamina. .

Bekerja sama dengan Universitas Indonesia, BUMN ini mengembangkan DME (Dimethyl Ether) untuk kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan untuk usaha kecil menengah.

Pertamina meminjamkan tabung gas DME kepada 200 responden yang terdiri dari 150 responden rumah tangga dan 50 responden usaha kecil menengah.

Vice President R&T Planning & Commercial Pertamina Andianto Hidayat menjelaskan, Pertamina memperkenalkan produk tersebut dengan meminjamkan tabung gas DME beserta peralatannya seperti selang, regulator, klem dan kompor kepada responden untuk nantinya dikembalikan dan ditinjau ulang setelah pemakaian selama 3 bulan.

"Satu bulan pertama kami berikan tabung gas dengan komposisi DME 20 persen LPG 80 persen, bulan kedua DME 50 persen LPG 50 persen, dan bulan terakhir DME 100 persen. Setelah itu, kami dapat melihat bagaimana komposisi ini bekerja dan mendapatkan masukan dari pengguna DME," ujarnya.

Diversifikasi produk gas ini dimaksudkan untuk memberikan pilihan kepada masyarakat dan memberikan manfaat besar bagi negara.    

"Kami ingin menghemat devisa negara karena selama ini penggunaan LPG sudah mencapai 7 juta ton per tahun dan 70 persen pasokan diperoleh dari impor. Karena itu, kami berinovasi untuk meningkatkan ketahanan energi dari negara ini," tambah Andianto.

DME sendiri adalah proses kimia yang berasal dari bahan dasar methanol,  namun terdapat pula unsur gasifikasi yabg berasal dari batu bara.