Masyarakat kelola perikanan jangan mengandalkan kondisi alam

id wabup muba, beni, perikanan, balai benih, ikan, petani, budi daya ikan

Masyarakat kelola perikanan jangan mengandalkan kondisi alam

Dokumen - Potensi perikanan di Kabupaten Muba (FOTO ANTARA Sumsel/Edy Parmansyah/14)

Musi Banyuasin, Sumsel  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan akan terus berupaya mendorong masyarakat  melakukan pengelolaan potensi perikanan tanpa mengandalkan kondisi alam, sehingga produksinya bisa stabil dan tersedia sepanjang tahun.

Upaya untuk mengelola potensi perikanan di Bumi Serasan Sekate ini, pihaknya mendorong masyarakat melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan produksi ikan seperti melakukan budi daya keramba di sungai maupun membuat kolam/tambak ikan dengan memanfaatkan lahan di perkarangan rumah dan kebun,  kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Senin.

"Peningkatan produksi melalui budi daya akan terus didorong karena produksi ikan di kabupaten ini sebagian besar masih tergantung dari alam, sehingga pasokannya di pasaran tidak bisa dipastikan jumlahnya," kata dia.

Oleha sebab itu Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin akan ingkatkan pemanfaatan balai benih ikan.

"Balai benih yang ada di kabupaten ini akan ditingkatkan pemanfaatannya untuk mendukung masyarakat mengembangkan budi daya ikan," kata Wakil Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Senin.

Dia menjelaskan, pasokan ikan di pasaran terkadang pada musim atau kondisi tertentu berlimpah, namun sering juga terjadi kelangkaan yang dapat mengakibatkan harganya melambung dan tidak bisa memenuhi permintaan pasar secara maksimal.

Menurut dia, untuk mengelola potensi perikanan agar tidak tergantung dengan alam, masyarakat didorong melakukan kegiatan budi daya, dan bagi yang telah melakukan kegiatan tersebut akan didorong mengembangkannya ke wilayah budi daya baru.

Kabupaten Musi Banyuasin memiliki beragam ikan yang dapat dikembangkanbiakkan, baik ikan sungai atau ikan air tawar maupun ikan air payau.

Semua jenis ikan yang ada di kabupaten ini dapat dikembangbiakkan, seperti ikan nila, patin, baung, lais, gurame, betutu, ikan tembakang, dan juga terdapat beberapa jenis udang yang memiliki nilai jual tinggi.

Pihaknya berharap melalui upaya tersebut diharapkan balai benih yang ada bisa dimanfaatkan secara maksimal dan dapat meningkatkan  produksi ikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sepanjang tahun.

(rilis humas muba/Y009)