Senin, 23 Oktober 2017

Sejumlah rumah warga Mukomuko terancam masuk sungai

id longsor, sungai, rumah warga, rumah pinggir sungai, Dinas Pekerjaan Umum, Mukomuko, Provinsi Bengkulu,
Sejumlah rumah warga Mukomuko terancam masuk sungai
ilustrasi- Longsor (ANTARA/ Insan Faizin Mubarak)
Mukomuko (Antarasumsel.com) - Pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menyatakan sejumlah bangunan rumah milik warga di Desa Retak Mudik, Kecamatan Sungai Rumbai terancam masuk ke sungai.

"Ada belasan rumah warga yang terancam masuk sungai. Bangunan rumah warga tersebut harus cepat diselamatkan dengan membangun pelapis tebing di sungai tersebut," kata Kabid Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mukomuko Sunaji, di Mukomuko, Rabu.

Ia menyatakan, tidak hanya bangunan rumah warga di wilayah tersebut, termasuk lahan perkebunan kelapa sawit milik petani setempat juga terancam.

Menurutnya, instansi itu sudah menerima proposal usulan dari warga setempat untuk pembangunan pelapis tebing pengaman sungai tersebut dari erosi.

Selain itu, warga di wilayah itu sudah mengajukan usulan pembangunan pelapis tebing ke pemerintah provinsi.

Pihak Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera VII Bengkulu sudah beberapa kali melakukan survei ke lokasi sungai yang kritis akibat abrasi tersebut.

Petugas Dinas PUPR dan BWS juga pernah melakukan survei bersama, dan hasilnya Sungai Retak Mudik perlu pengaman berupa pelapis tebing atau bronjong.

Selanjutnya, katanya, BWS Sumatera VII memprogramkan pembangunan pelapis tebing untuk pengaman sungai tersebut.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan BWS untuk memastikan realisasi pembangunan pelapis tebing pengaman sungai itu.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga